Mengoptimalkan Karakter dalam Pembelajaran Matematika yang Dapat Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa

Rizky Aditya Nugraha

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mengoptimalkan karakter dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Artikel ini merupakan gagasan penulis, sekaligus merupakan  telaah literatur untuk menemukan solusi yang tepat bagaimana mengoptimalkan karakter yang dapat meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Dari gagsan dan kajian yang dilakukan maka dapat dideskripsikan bahwa, ada banyak nilai pada pembelajaran matematika yang perlu ditanamkan pada siswa, untuk itu dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang menumbuhkan nasionalisme perlu dioptimalkan karakter; 1) analitis, 2) kehati-hatian, 3) keberanian, 4) berpikir kritis, 5) kerja keras, 6) suka memecahkan masalah, dan 7) percaya diri. Selain itu perlu juga diringi pengembangan karakter sosial yang memerlukan keteladanan guru, yaitu 1) peduli lingkungan sosial, 2) demokratis, dan 3) menghargai pendapat orang lain. Pembelajaran matemateka yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme perlu dilakukan secara kontinu dan dikaji pelaksanaannya, serta membutuhkan dukungan dari keluarga, guru, sekolah dan masyarakat.

 

Kata kunci: optimalisasi, karakter, pembelajaran matematika, nasionalisme


Full Text:

PDF PDF

References


Adisusilo 2010. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada

As’ari, A. R. 2016. Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 UMS. http://www.researchgate.net/publication/299445198_Pengembangan_Karakter_dalam_Pembelajaran_Matematika_Prioritas_dalam_rangka_mengembangkan_4C's , diakses tanggal 31 Januari 2018

Kaimuddin. 2014, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu 14 (1).

journal-iain samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/7

,diakses tanggal 31 Januari 2018

Kemdikbud. 2013. Elemen Perubahan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Kemdiknas. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud

Maharani. 2014. Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran PjBL materi Statistika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unisula 2(2). research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313016/9232Jurnal_hevy_PMAT_2014_Vol_2_No_2.pdf

,diakses tanggal 31 Januari 2018

Mahmudi. 2011. Mengembangkan karakter Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Penerbit UNY

Rawantina. 2013. Penanaman Nilai nasionalisme dan Patriotisme untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan 1(1). jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/2875/41/article.pdf, diakses tanggal 19 Januari 2018

Widodo. 2012. Menanamkan Pendidikan Karakter Berbasis Tipe Kepribadian Pada Matakuliah Matematika 1. Metodi Didaktik 1(2). ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/download/7681/4941, diakses tanggal 31 Januari 2018

Yuliana. 2010. Pembelajaran Berbasis etnosains Dalam Mewujudkan Pendidkan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD 1 (2a). journal.um-surabaya.ac.id/index.php/article/view/1051, diakses tanggal 31 Januari 2018

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karaketer: Konsepsi dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Pendidikan ini terindeks: